Sunday, February 14, 2016

Hati-hati SONY Fakedisk, Flashdisk Palsu di Lazada

Flashdisk Palsu Lazada - Artikel ini saya dapatkan waktu googling sesaat sebelum membeli flashdisk di lazada. Ini dia link dari penulis aslinya: link. Saya share disini agar lebih banyak yang tau ya.



Sebenarnya saya tidak mau posting ini, tapi saya rasa perlu kiranya pembaca ketahui bahwa hati-hati jika membeli flashdisk murah meskipun di toko online yang punya nama besar seperti Lazada. Karena ada saja merchant-merchant nakal yang suka menjual barang palsu. Saya baru saja membeli 3 buah flashdisk SONY 32GB MicroVault di Lazada seharga Rp. 60.000 – Rp. 70.000an per buah. Memang sih harga segitu terlalu murah dan seharusnya kita curiga. Tapi nama besar Lazada dengan layanan PERLINDUNGAN PEMBELI 100% serta JAMINAN KEPUASAN membuat saya mencoba membelinya dan ingin mengetahui lebih lanjut.

Datanglah flashdisk SONY, atau boleh saya menyebutnya fakedisk SONY merk yang cukup terkenal dan sering dipalsukan. Ciri fakedisknya adalah sebagai berikut:

Bentuknya seperti ini yang saya peroleh dengan warna hitam dan biru:


Terdapat tulisan Made In Taiwan.
Pada ujung colokan USB terdapat tulisan “AAA” dan tidak ada nomor seri.
Jika dibaca pada Windows, terbaca 30.2 GB.
Jika di full format, tidak akan bisa. Hanya bisa di quick format.
Jika dimasukan file ukuran besar, maka jika dibuka kembali akan error atau menampilkan karakter aneh (bahkan tulisan Cina).

Jika di tes menggunakan software H2testw, hasilnya sebagai berikut:

---
The media is likely to be defective.
1.6 GByte OK (3547008 sectors)
28.5 GByte DATA LOST (59906176 sectors)
Details:24.9 GByte overwritten (52417904 sectors)
0 KByte slightly changed (< 8 bit/sector, 0 sectors)
3.5 GByte corrupted (7488272 sectors)
7 KByte aliased memory (14 sectors)
First error at offset: 0x000000006c3f0000
Expected: 0x000000006c3f0000
Found: 0x00000000aa55aa55
H2testw version 1.3
Writing speed: 19.7 MByte/s
Reading speed: 14.3 MByte/s
H2testw v1.4
---
Dari hasil tes tersebut, software menunjukan bahwa media terindikasi cacat dan sepertinya ukuran fakedisk ini sekitar 2GB. Terlihat 1,6Gbyte OK. 28.5 Gbyte DATA LOST dengan uraian 24.9 Gbyte overwritten dan 3.5 Gbyte corrupted. Artinya firmware pada fakedisk ini membolehkan Windows menulis pada sektor-sektor yang sudah berisi data. Sehingga data tersebut tertimpa dan menjadi corupt dan berulang terus sampai ukuran dianggap sudah 30.2GB, baru firmware ini mengirim informasi ke Windows bahwa fakedisk sudah penuh. CMIIW :). Sungguh firmware yang dapat mengelabui, konon di system Linux pun hasilnya sama.

Benar-benar jahat yang membuat dan menjualnya. Karena kita tahu bahwa data nilainya lebih mahal dari perangkat penyimpanan data itu sendiri. Fakedisk ini saya dapatkan melalui toko online ternama Lazada dengan nomor order #378366396 dan #385977396. Merchant-nya pun berbeda, yaitu DRAGON SHOP, SKYSHOP23 dan SKYSHOP88. Saat ini saya sedang mengurus proses retur barang tersebut, semoga Lazada dapat menyelesaikannya dengan baik, mengingat saya adalah pelanggan setia Lazada dan selalu merekomendasikan Lazada ke teman-teman sebagai toko online terpercaya, dan sudah banyak barang berkualitas dan asli saya beli dari Lazada.
---
Update 1/11/2015

Lazada telah mengembalikan dana saya untuk 3 produk flashdisk aspal ini. Layanan Lazada cukup memuaskan. Terimakasih.

1 comments

kunjungan balik gan dari admin kakbayu.web.id
Silahkan di share agar lebih bermanfaat bagi calon pembeli yang kebetulan googling dulu :)


EmoticonEmoticon