Sunday, December 22, 2019

Catatan Hidup #6 Bacaan Sholatnya Dayat

Sekali-sekali saya pengen ngepost sesuatu yang beda. Kali ini bukan tentang pemikiran-pemikiran saya tentang dunia ataupun kisah-kisah hidup yang saya alami, melainkan sharing tentang bacaan sholat yang saya pakai sehari-hari.

Sebagaimana yang antum-antum juga pada sudah tahu, ada banyak variasi bacaan sholat, yang sayangnya ngga semuanya bisa saya hafal. Ini nih versi bacaan sholat yang diajarin guru ngaji saya yang saya pergunakan dari kecil hingga detik ini.

 Langsung saja, dimulai dari Takbiratul Ikhram ya..
 

Doa Iftitah


ALLAAHU AKBAR KABIIRA, WALHAMDULILLAAHI KATSIIRA, WA SUBHANALLAAHI BUKRATAW, WAASHIILA.
(Allah Maha Besar, dan Segala Puji yang sangat banyak bagi Allah, dan Maha Suci Allah sepanjang pagi, dan petang).

WAJJAHTU WAJHIYA, LILLAZII FATHARASSAMAAWAATI WALARDHA, HANIIFAM, MUSLIMAA, WAMAA ANA MINAL MUSYRIKIIN.
(Aku hadapkan wajahku kepada wajahMu, yang telah menciptakan langit dan bumi, dengan penuh kelurusan, dan penyerahan diri, dan aku tidak termasuk orang-orang yang mempersekutukan Engkau)

INNASSHALAATII, WA NUSUKII, WA MAHYAAYA, WA MAMAATI, LILLAAHI RABBIL 'AALAMIIN.
(Sesungguhnya shalatku, dan ibadah qurbanku, dan hidupku, dan matiku, hanya untuk Allah Rabb Semesta Alam).

LAA SYARIIKALAHU, WABIDZAALIKA UMIRTU, WA ANA MINAL MUSLIMIIN.
(Tidak akan aku menduakan Engkau, dan memang aku diperintahkan seperti itu, dan aku termasuk golongan hamba yang berserah diri kepadaMu)


Al-Fatihah


BISMILLAAH, ARRAHMAAN, ARRAHIIM (BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM)
(Dengan nama Allah, Maha Pengasih, Maha Penyayang)

ALHAMDULILLAAH, RABBIL 'AALAMIIN
(Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta 'alam)

ARRAHMAAN, ARRAHIIM
(Maha Pengasih, Maha Penyayang)

MAALIKI, YAUMIDDIIN
(Penguasa, Hari Pembalasan)

IYYAAKA, NA'BUDU, WA IYYAAKA, NASTA'IIN
(KepadaMulah, kami menyembah, dan kepadaMulah, kami mohon pertolongan)

IHDINA, ASSHIRAATHAL, MUSTAQIIM
(Tunjuki kami, jalan, golongan orang-orang yang lurus)

SHIRAATH, ALLADZIINA, AN'AM, TA 'ALAYHIM
(Jalan, yang, telah Engkau beri nikmat, kepada mereka)

GHAYRIL MAGHDUUBI 'ALAIHIM, WA LADDHAAAALLIIIN.
(Bukan (jalan) orang-orang yang telah Engkau murkai, dan bukan (jalan) orang-orang yang sesat)

Ruku'


SUBHANA RABIYAL ‘AZHIMI WABIHAMDIH
(Maha Suci Allah yang Maha Agung dengan segala puji bagiNya.)

I'tidal


SAMI'ALLAAHU, LI, MAN, HAMIDA, HU
(Allah mendengar, kepada, sesiapa yang, memuji, Nya)

RABBANAA, LAKAL, HAMDU MIL USSAMAAWAATI, WA MIL UL ARDHI, WA MIL U MAA SHIKTA, MIN SHAI IN, BA'DU
(Ya Tuhan Kami, bagi Allah segala Puji yang memenuhi langit dan memenuhi bumi dan memenuhi barang apa yang Allah kehendaki sesudah itu.)

 

Sujud


SUBHANA RABBIYAL A’LA WA BIHAMDIH
(Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi dengan segala pujiNya.)

Duduk Antara Dua Sujud


ROBBIGHFIRLI
(Ya Allah, ampunilah kami)
WARHAMNI
(Dan kasihanilah kami)
WAJBURNI
(Dan sempurnakanlah kami)
WARFA’NI
(Dan angkatlah derajat kami)
WARZUQNI
(Dan berilah rezeki)
WAHDINI
(Dan berilah kami petunjuk)
WA’AFINI
(Dan berilah kami kesehatan)
WA’FUANNI
(Dan maafkanlah kami.)

Bacaan Tahiyat


ATTAHIYYATUL MUBAA-RAKAA-TUSH SHALAWAATUTH THAYYIBATU LILLAH.
(Segala kehormatan, kehormatan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah.)

ASSALAMU ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
(Salam, rahmat dan berkah-Nya kupanjatkan kepedamu wahai nabi (Muhammad))

ASSALAMU ‘ALAINA WA’ALA ‘IBA DILLAHISH SHALIHIN.
(Salam (keselamatan) semoga tetap utk untuk kami seluruh hamba yg shaleh.)

ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAH
(Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.)

Bacaan Sholawat


ALLAHUMMA SHALLI ‘ALA MUHAMMAD.
(Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad)

Duduk Tahiyat akhir membaca tahiyat awal ditambah dengan membaca:

WA’ALA ALI MUHHAMMAD
(Dan keluarga Muhammad)

KAMA SHALAITA ‘ALA IBRAHIM
(Sebagaimana pernah Engkau beri rakhmat kepada nabi Ibrahim)

WA’ALA ALI IBRAHIM
(Dan keluarga Ibrahim)

WABARIK ‘ALA MUHAMMAD
(Dan limpahkanlah berkah atas nabi Muhammad)

WA’ALA ALI MUHHAMMAD
(Dan keluarga Muhammad)

KAMA BARAKTA 'ALA IBRAHIM
(Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim)

WA 'ALA ALI IBRAHIM
(Dan keluarga Ibrahim)

FIL 'ALAMINA INNAKA HAMIDUN MAJID
(Di seluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji, dan Maha Mulia.)

Salam

 

Nah itu dia bacaan sholat yang saya pakai. Perihal bahasa dan artinya saya kopas dari ahfatar.blogspot.com .

Insyallah kalau diberi kesempatan, saya ingin mempelajari variasi-variasi bacaan yang lain juga sih. Tapi sayang kebanyakan malasnya daripada rajinnya. Doakan saja.


EmoticonEmoticon